5.KHALIFAH ABDUL MALIK BIN MARWAN

March042013
Biografi Abdul Malik bin Marwan

Dia bernama Abdul Malik bin Marwan bin Hakam bin Abil Ash bin Umayyah.Dia lahir dari seorang ibu yang bernama Aisyah binti Muawiyah bin al Mugirah bin Abdul Ash.Abdul Malik lahir pada masa khalifah Usman bin Affan.Sejak kecil ia sudah manghafal al-Qur’an dan berguru langsung kepada Usman.Selain belajar menghafal al-Qur’an,ia juga belajar hadits,fikih,tafsir,dan lainnya.Dia di kenal dengan pribadi yang sangat cerdas.Dia di angkat sebagai Gubernur Madinah oleh Muawiyah pada saat umurnya baru 16 tahun.Sebelum menjadi khalifah dia di kenal sebagai sosok yang zuhud dan dianggap sebagai salah seorang ulama Madinah.Dia ikut terlibat dalam penaklukan-penaklukan yang terjadi di Afrika pada tahun 41-45 H.

Abdul Malik menjadi khalifah setelah ayahnya Marwan bin Hakam meninggal pada tahun 65 H/684 M.Pada saat itu khalifah yang legal adalah Abdullah ibnuz-Zubair.Kemudian dia berhasil mengambil Irak dari tangan Abdullah ibnuz-Zubair dan menaklukkan Hijaz secara keseluruhan.Setelah Abdullah ibnuz-Zubair terbunuh,maka ia di baiatoleh seluruh masyarakat muslim.Dia menjadi khalifah sejak tahun 73 H/692M.Keadaan Negara aman berada di tangannya. Abdul malik di anggap sebagai “pendiri kedua” pemerintahan Bani Umawiyah.Dia menjadi khalifah saat dunia Islam terpecah-pecah.Dengan kebijakan dan siasatnya,dia berhasil menjadikan negeri-negeri itu tunduk di bawah pemerintahan-pemerintahandan berhasil membungkam semnua pemberontak dan pembangkang.

Pengangkatan Abdul Malik menjadi khalifah

Abdul Malik menjadi khalifah setelah ayahnya Marwan bin Hakam meninggal pada tahun 65 H/684 M.Pada saat itu khalifah yang legal adalah Abdullah ibnuz-Zubair.Kemudian dia berhasil mengambil Irak dari tangan Abdullah ibnuz-Zubair dan menaklukkan Hijaz secara keseluruhan.Setelah Abdullah ibnuz-Zubair terbunuh,maka ia di baiat oleh seluruh umat muslim.Dia di angkat menjadi khalifah sejak tahun 73 H/692 M.Abdul Malik berkuasa kurang lebih 20 tahun yaitu sejak 685-705M/66-86H.Dalam masa pemerintahannya,tidak terjadi penaklukan dalam skala besar.Karena,dia di sibukkan dengan perang.

Kemajuan yang dicapai

Pada masa pemerintahan Abdul Malik,dia dianggap sebagai pendiri ke dua pemerintahan bani umayah.Hal-hal yang dapat di capai di antaranya:

1.Perluasan wilayah pemerintahan
Sepeninggal Marwan bin Hakam maka Abdul Malik di angkatsebagai khalifah oleh ayahnya.Ia meneruskan program yang di rancang ayahnya.Ia pergi ke Irak dengan membawa pasukan yang besar dan memerangi mush’at bin Zubair yang merupakan wakil saudaranya,Ibnuz-Zubair di Irak.Ia membunuh Mush’at bin Zubair di dekat sungai Dajil pada tahun 71H/690M.Maka jatuhlah Irak ke tangan Abdul Malik.Kemudian pasukannya bergerak menuju Madinah yang kemudian berhasil di taklukan.Sebenarnya,tidak terjadi penaklukan dalam skala besar di masa pemerintahannya.Karena,dia di sibukkan dengan perang melawan kaum khawarij dan ibnu Asy’ats.Selainitu,dia juga menyerang kembali Romawi yang yang saat itu mengancam keamanan negeri Syam,dan melakukan penaklukan wilayah Maghrib.Sedangkan panglima perang paling terkenal di medan perang Afrika Utara adalah Musa bin Nushair yang berhasil mengembalikan keamanan di wilayah itu setelah meninggalnya Uqbah bin Nafi’.Dia juga berhasil menaklukan Tanjah dan Sabtah.

Sementara itu di sebelah Timur Turki juga di serang Abdul Malik. Demikian juga dengan kawasan Asia Tengah.Pada saat yang sama Muhammad ats-Tsaqafi berangkat untuk menaklukan Sindh.Namun tidak terjadi sebuah penaklukan besar-besaran di kawasan timur.Keadaanyang aman di masa pemerintahannya telah membuka jalan bagi sebuah penaklukan yang sangat luas di masa anaknya,al-Walid. Penaklukan selanjutnya yaitu Hijaz,markas ibnu Zubair yang belum ia taklukan.Jalan ke arah itu tidaklah mulus dan sangat beresiko tinggi.Sebab ibnu Zubair menjadikan Makkah al Mukarromah sebagai ibu kota pemerintahannya.Kemudian ia mengangkat Hajjaj bin Yusuf sebagai panglima perangnya dan membentuk pasukan yang berkekuatan 3000 personil

.Abdul Malik berpesan kepada Hajjaj bin Yusuf bahwa ia akan menjamin keamanan ibnu Zubair dan pengikutnya jika ia mau taat kepada pemimpinnya.Ibnu Zubair menolak dan tetap berlindung di Baitullah. Hajjaj bin Yusuf memasang Manjaniq di atas gunung Abu Qabis.Dan kemudian berhasil mengepung penduduk Makkah selama lima bulan sepuluh malam.Dalam penyerangan tersebut,wajah Ibnu Zubair terlempar batu Manjaniq dan membuatnya goyah.Ia jatuh ke bumi dan dikepung rapat oleh pasukan Hajjaj bin Yusuf yang kemudian membunuhnya.

2.Bidang politik ekonomi
Menetapkan bahasa Arab sebagai bahasa resmi yang berlaku bagi seluruh wilayah kekuasaan khalifah Abdul Malik.
Memperkenalkan mata uang yang asli Arab.

3.Bidang Ilmu Pengetahuan
Pada masa Abdul Malik bin Marwan,ilmu yang berkembang yaitu ilmu pengetahuan bidang bahasa meliputi ilmu Qowa’id yang membahas tentang Nahwu,Shorof untuk memepelajari bahasa Arab. Perkembangan ilmu bahasa tersebut karena khalifah Abdul Malik bin Merwan mewajibkan bahasa Arab sebagai bahasa resmi negara,sehingga semua perintah dan peraturan serta komunikasi secara resmi memakai bahasa Arab.

Peristiwa-peristiwa penting di masanya
1.Pemberontakan Abdur rahman ibnul-Asy’ats(81-85H/700-704M) Hajjaj yang saat itu menjadi Gubernur Irak menugasi Abdur Rahman untuk melakukan penyerangan ke negeri Turki pada tahun 81H.Dan dia berhasil mencapai banyak kemenangan-kemenagan.Kemudian dia menyatakan pembangkangannya kepada Hajjaj dan Abdul Malik. Lalu dia memerangi Hajjaj dan berhasil menjadikan Irak di bawah kekuasaannya.Setelah itu wilayah timur berhasil berada di bawah kekuasaannya kecuali khurasan.Di sana terjadi perang antara dia dan pendukung pemerintahan Umawiyah. Akhirnya,dia kalah dan melarikan pada tahun 82 H lalu dibunuh pada tahun 85 H/704 M.Hajjaj membunuh sekian banyak ulama yang mengikuti gerakan Abdur Rahman ibnul-Asy’ats ini,di antaranya Said bin Jubair.

2.Hajjaj bin Yusuf ats-Tsaqafi(95 H/714 M) Dia adalah Orang yang paling terkenal di antara orang dekat Abdul Malik dan sekaligus gubernur yang paling masyhur dalam sejarah.Dia di kenal sebagai seorang yang sangat politis,cerdas,keras,dan sekaligus kejam baik saat ia berada dalam keadaan yang hak dan tidak hak.Dia termasuk salah seorang pentolan yang memerangi Mush’ab ibnuz-Zubair yang kemudian menjadikan Irak berada di bawah kekuasaan Bani Umayah.Setelah itu dia di perintahkan oleh Abdul Malik untuk memerangi Abdullah ibnuz-Zubair untuk menaklukan Hijaz.Dia berhasil menaklukannya dan membunuh Abdullah ibnuz-Zubair.Sejak itulah dia menjadi gubernur Hijaz.

Tatkala terjadi krisis di Irak,maka Abdul Malik mengangkatnya sebagai gubernur.Hajjaj menggunakan segala cara kekerasan dan kekejaman untuk melawan orang-orang Irak hingga akhirnya Irak menjadi stabil.Pengaruhnya meliputi semua kawasan timur secara keseluruhan.Dia memiliki peran yang sangat besar dalam melapangkan rintangan yang dihadapi oleh pemerintahan Bani Umayah.Kekerasannya seakan menjadi suatu kepastian yang harus dia lakukan demi tercapainya keamanan dan kedamaian.

3.Khawarij
Gerakan Khawarij mengalami kemajuan di Irak dan Jazirah Arabia.Namun,panglimaperang Bani Umayyah berhasil menaklukan mereka dan menghancurkan sebagian besar dari mereka.Pemimpin-pemimpin Khawarij yang terkenal di periode ini adalah Qathari ibnul-Fuj’ah dan Syabab ibnusy-Syaibani.

Akhir pemerintahan Abdul Malik Sisa pemerintahan Abdul Malik selama kira-kira dua belas tahun adalah masa-masa makmur dan tentram.Keseluruhan kerajaan timur dipimpin oleh al-Hajjaj,penakluk Mekah yang bertangan besi,sementara jabatan-jabatan propinsi diberikan pada keluarga-keluarga khalifah.Ini berarti pemusatan kekuasaan di tangan Abdul Malik.Penguasaannya atas rincian-rincian administrasi diperkuat oleh perintahnya untuk memakai bahasa Arab di seluruh negara.Ketika orang-orang Arab mula-mula menaklukan berbagai propinsi,mereka mempertahankan pejabat-pejabat propinsi dan lokal yang sudah ada,dan mengijinkan mereka terus memakai bahasa Yunani,Syriac atau bahasa apapun yang telah dipakai.Ini sekarang diubah tetapi,pejabat-pejabat yang sama terus boleh menjabat dan tidak diharuskan masuk Islam.Namun lama kelamaan,makin banyak Muslimin yang terampil dalam pekerjaan kantor,dan mereka yang tidak beragama Islam masuk Islam,atau digeser.

Abdul Malik dan al-Hajjaj juga memperkenalakan mata uang yang asli Arab.Dalam keberhasilan penaklukan pertama,orang-orang Arab tidak sempat memikirkan untuk mencetak mata uang,dan sudah puas memakai mata uang yang sudah beredar di Arabia dan negeri-negeri taklukan,kebanyakan adalah mata uang Bizantium dan Persia.Belakangan beberapa ayat al-Qur’an ditumpangkan pada kedua mata uang tersebut,tetapi Abdul Malik adalah khalifah pertama yang mencetak mata uang dengan mencantumkan kalimat-kalimat Arab dan Islam saja.Mata uang dibuat dari dua jenis logam,yaitu dinar emas dan dirham perak.Nilai tukar ditetapkan sepuluh atau duabelas dirham buat satu dinar,tetapi nilai sebenarnya tergantung pada fluktuasi pasar dan berada di berbagai saat dan tempat,dimana nilai dirham sangat berkurang.

Orang-orang Arab juga mengambil alih system perpajakan yang sudah berlaku,terutanma pajak tanah dan pajak kepala;tetapi pada saat yang sama mulai mengadakan perubahan dalam perpajakan supaya lebih sesuai dengan ajaran Islam.Khalifah Abdul Malik wafat pada tahun 86 H dan diganti oleh putranya yang bernama al-Walid.

Setelah baca mohon klik gambar disamping W3 Directory - the World Wide Web Directory
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

34 responses to "5.KHALIFAH ABDUL MALIK BIN MARWAN"

jeky on 01:28 AM, 05-Mar-13

met malam sob... Langsung dibaca sejarah islam nya...

jgn lupa folbek+kunbal nya

down-arrow

http://
jeky75.mwb.im/lilin-
herlina-ayat-ayat-
cinta-mp3.xhtml

Rapik Mobile Blog on 04:39 AM, 05-Mar-13

khalifah yang legal biggrin

Fajarh007 on 05:16 AM, 05-Mar-13

izin nyimak dipagi yang dingin inicheesy-grin
right-arrow jika menurut anda komentar saya spam up-arrow
right-arrow silahkan dihapus cheesy-grin

MRoby on 05:48 AM, 05-Mar-13

waaah.
cerita pagi nih sob.
d tnggu follbackxa.

SUSU COKLAT on 06:04 AM, 05-Mar-13

ijin baca sob

amekshinoda on 06:14 AM, 05-Mar-13

Like it

BERXCO SUNDANESSE on 06:20 AM, 05-Mar-13

syukran tausyiahnya lur...

Dheby M Shadows on 06:33 AM, 05-Mar-13

kunjungan sore gan Hadir aja dah skedar meramaikan mrgreen

lavigna on 06:46 AM, 05-Mar-13

kunjungan perdana shobat.. mantap ni post nya..

Elridwan S40 on 06:51 AM, 05-Mar-13

Kunjungan sob ..

Jngn lupa mmpir ke blogku yach..

http://pupu.heck.in/bolt-handler-2013.xhtml

Raditiya sholechan on 07:19 AM, 05-Mar-13

Salam,

Kunjungan pagi hari...

mantap ni postingnya....

Sukses terus ya???

Titunggu kunbalnya di gubuk ane
down-arrowdown-arrowdown-arrowdown-arrowdown-arrowdown-arrowdown-arrowdown-arrowdown-arrowdown-arrowdown-arrow
fullshare.heck.in

Cara Dapat Ribuan Backlink on 07:33 AM, 05-Mar-13

wah seandainya banyak pemimpin kayak Al-Hajjaj

Musttour on 07:43 AM, 05-Mar-13

Assalamu'alaikum wr wb.
Selamat pagi sob smile
Post na bgus sob dan di tunggu kunbal na y krna ad template blogspot keren di gubuk saya.

right-arrow http://archmust.pun.bz/monster-energy-simple-v1-templete-blogsp.xhtml

Herynofear on 07:44 AM, 05-Mar-13

Mantap postingnya...
Maaf ane gk bisa lama2,soalnya
masih banyak blog yg mesti ane kunjungi... Sukses slalu utk blog dan admin'y Bila berkenan, mampir yah ke
blogku...

Santri ndablegs on 07:52 AM, 05-Mar-13

Postingannya teladan semua nich...gmn mereka perjuangannya dulu ya...

http://agusbtk.mywapblog.com/cara-memperbaiki-bathin.xhtml

Muhammad Haikal on 08:20 AM, 05-Mar-13

selamat pagi kawan,

ada postingan baru diblogku ni.... Dikomen ya...

Saya selalu menunggu komen darimu,
maaf ini hanya komen copas,,, soalnya ane lagi mau belajar

ikoz on 08:57 AM, 05-Mar-13

page gan,kunjungan rutin boz

NAK ℳobile on 08:58 AM, 05-Mar-13

kunjungan perdana gan...

ditunggu kunbalnya.. smile

GusNo Michael Sadham on 09:09 AM, 05-Mar-13

selalu hadir. . .

Bıαcкs on 10:28 AM, 05-Mar-13

Hadir gan silaturahmi suxcez trz yaa

Dimaz6661 on 11:09 AM, 05-Mar-13

hadir perdana masta,,!!! Follow sukses,, cek kalo gak percaya,, follback nya di tunggu,,
kebetulan ada yang baru nih,, mampir yuk,,!!



visit: down-arrow

http://nxy.in/edv0y

PAPA REYHANZ on 12:17 PM, 05-Mar-13

assalamualaikum..

Mantap postingan agamais nya gak ada putusnya nih aryo!
Sip!

Papa Ijin baca lagi ya yoo

Official ALMUSLIMUN on 12:44 PM, 05-Mar-13

Assalamu Alaikum Wr Wb.
Salam Silaturrahmi Shob, terima kasih udah berbagi.

http://almuslimundwt.yu.tl

ALFARIZI BLOG on 01:02 PM, 05-Mar-13

Bermanfaat

dient93 on 01:03 PM, 05-Mar-13

kujungan siang sob..

ghazaly x4 on 01:35 PM, 05-Mar-13

hadir lg sob, blas kunbal dari kunjungan sobt ke blog aku,
teruskan karya sobt. SmOga sukses selalu

User Mwb on 01:41 PM, 05-Mar-13

Kunjungan Silaturahmi Sob

Kidz on 02:09 PM, 05-Mar-13

mantap dan sukses gan wink

Muharrudin on 02:11 PM, 05-Mar-13

Kunjungan siang sob..
Izin nyimak..
Ditunggu kunbal'a..

Kidz on 02:11 PM, 05-Mar-13

mantap dan sukses gan wink

M Ikhsan on 02:41 PM, 05-Mar-13

Assalamu'alaikum wr wb
kunjungan silaturahim...mksh postingannya makin menambah pengetahuan tentang sejarah Para Khalifah Islam...

Zhaoldyeck on 05:58 PM, 05-Mar-13

Maaf telah hadir gan. Sibuk didunia nyata. Jgn lupa main ke blog saya karna ada new post

http://dedekzhaoldyeck.heck.in/detective-conan-episode-689-mp4-sub-indo.xhtml

Phantom SaRDeath on 09:05 PM, 05-Mar-13

Kunjungan mlam sob...

Mantap postingnya nih... biggrin

Sukses slalu utk blog dan admin'y

Ditunggu kunbalnya...
http://sardeath.mywapblog.com/death-note-chapter-01-bag-2-bahasa-indon.xhtml

Badru Saeful on 11:17 PM, 05-Mar-13

kunjungan malam sob biggrin

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

Please Sign In to comment

 
Back to Top