3.KHALIFAH MUAWIYAH BIN YAZID

March022013

Biografi Muawiyah bin Yazid

Muawiyah bin Yazid bin Muawiyah adalah seorang pemuda yang tampan.Dia disebut juga Abu Abdur Rahman,ada juga yang menyebutnya Abu Yaziddan Abu Laila.Beliau anak Yazid yang lemah dan sakit-sakitan,disamping itu dia adalah seorang ahli Kimia pada masa pemerintahan Kakeknya Muawiyah bin Abu Sufyan diantara murid beliau yang paling terkenal adalah Abu Musa Jabir ibn Hayyan.Muawiyah bin Yazid menjadi Khalifah atas dasar wasiat ayahnya pada bulan Rabiul Awal tahun 64 Hijriah atau berkenaan tahun 683 M.Dia adalah seorang pemuda yang shalih.Tatkala dia diangkat menjadi kholifah dia sedang menderita sakit.Sakitnya bertambah – tambah hingga akhirnya dia meninggal dunia.Dia bahkan tidak pernah keluar pintu sejak dia diangkat menjadi khalifah.Dia belum sempat melakukan apa-apa,dan belum pernah menjadi imam sholat untuk rakyatnya.Ada yang mengatakan bahwa masa kekhalifahannya sekitar 40 hari ada pula yang mengatakan dia menjadi khalifah selama 2 bulan,ada yang mengatakan juga 3 bulan.Wallahu a’lam bissowab.Saat meninggalnya dikatakan kepadanya “Tidakkah kau akan menentukan siapa yang aka menjadi penggantinmu”.Dia berkata“Saya belum pernah mencicipi kelezatan dan manisnya,lalu mengapa saya harus menanggung kegitarannya “.

Masa Pemerintahan Umayyah bin Yazid

Disamping Muawiyah bin yazid ini menjadi khalifah atau naik tahta atas dasar ayahnya,Muawiyah bin yazid juga dipilih penduduk Syam untuk menjabat khalifah sesudah ayahnya Yazid meninggal.Ketika itu Muawiyah bin yazid baru berumur 23 tahun.Pemerintahan Muawiyah bin yazid sangat singkat sekali dibandingkan dengan ayahnya Yazid bin Muawiyah (60-64 H / 681-682 M) maupun kakeknya Muawiyah bin Abi Sufyan (41-60 H / 661-680 M). Kalau kita menarik benang merah bahwa Pada Masa khalifah Muawiyyah bin yazid,beliau dalam keadaan sakit dan sudah dihadapkan dengan peristiwa pemberontakan oleh Abdullah ibnu Zubair di Makkah.dan tidak ada perkembangan yang signifikan dalam masa itu,dibandingkan pada masa Muawiyah bin Abu sufyan yang memindahkan daulah umayah pindah ke Damaskus,dan mengembangkan ilmu pengetahuan.Dan pada masa Muawiyyah bin yazid juga tidak pernah menguasai daerah–daerah,dibandingkan dengan Muawiyah bin Abu Sufyan yang menguasai Andalus,Afrika Utara,Syam,Irak,Iran,Khurasan dan ke benteng Tiongkok. anya saja pada pemerintahan Muawiyah bin yazid dititik beratkan pada pemeliharaan yang sudah di lakukan ayahnya maupun kakeknya.

Diantaranya adalah :
1.Meletakkan dasar-dasar pemerintahan yang kuat di daerah Syam (Syria).
2.Menata administrasi pemerintahan dengan baik.
3.Membentuk angkatan bersenjata (militer).
4.Meningkatkan kesejahteraan rakyat.
5.Mendirikan percetakan uang,dan mendirikan pos surat.
6.Membuat anjungan di dalam masjid,yang berguna sebagai pengaman.
7.Mendirikan istana untuk khalifah.
Ada juga yang mengatakan bahwa dirinya atau jiwanya (Muawiyah bin Yazid) memberontak tidak dapat bertanggung jawab atas perubahan dan kerusakan yang ditinggalkan oleh ayahnya.

Khalifah Muawiyah bin yazid mengundurkan diri

Ketika Panglima Alhushain bin Al-namir dari Syria yang bertugas menaklukkan pasukan Abdullah bin Zubair di Makkah,menemukan jalan buntu.Karena tak mampu menembus pertahanan lawan dan mendengar berita wafatnya Khalifah Yazid bin Muawiyah,Alhushain menyerukan gencatan senjata. Abdullah bin Zubair tidak keberatan.Masa damai itu membuat kedua pasukan membaur satu sama lain,seolah tak terjadi permusuhan.Anggota pasukan dari Syria dengan bebas melaksanakan umrah,thawaf disekitar Ka’bah,dan sa’i antara Shafa dan Marwah.

Ketika thawaf itulah,Panglima Alhushain bin Alnamir berpapasan dengan Abdullah bin Zubair.Sambil memegang lengan Abdullah,Alhushain berbisik,“Apakah anda mau berangkat bersamaku ke Syria? Saya akan berupaya supaya orang banyak mengangkat anda sebagai khalifah.” Abdullah bin Zubair menarik lengannya seraya menjawab,“Bagiku tak ada pilihan lain kecuali perang.Bagi setiap satu korban di tanah Hijaz,harus ditebus dengan sepuluh korban di Syria."Panglimah Alhushain menjawab dengan kata-kata yang cukup terkenal dalam sejarah,“Bohong orang yang menganggap anda sebagai cendekiawan Arab.Saya bicara dengan berbisik,tetapi anda menjawab dengan berteriak.”

Tidak lama setelah itu, Alhushain dan pasukannya kembali ke Syria.Boleh jadi,tawarannya bukan basa-basi. Sebab,di Syria sendiri sedang terjadi kemelut yang cukup mengkhawatirkan.Sepeninggal Yazid bin Muawiyah,ditunjuklah putranya,Muawiyah bin Yazid sebagai khalifah yang kala itu berusia 23 tahun.Berbeda dengan ayahnya,Muawiyah bin Yazid lebih mengutamakan ibadah ketimbang urusan duniawi. Hari-harinya dipenuhi dengan keshalihan dan ketaatan.Jabatan sebagai khalifah bukanlah keinginannya,tetapi warisan dari sang ayah.Muawiyah bin Yazid bukanlah seorang negarawan,tetapi seorang ahli agama.Ia sendiri merasa tidak layak menduduki jabatan khilafah.Ia merasa tak sanggup menghadapi urusan pemerintahan dan kenegaraan.Apalagi sepeninggal ayahnya,Yazid bin Muawiyah,bumi Syria terus dilanda kemelut.Didukung lagi oleh pangaruh Abdullah bin Zubair di tanah Hijaz yang semakin meluas.

Dengan segala pertimbangan itu,akhirnya khalifah ketiga Bani Umayyah ini menyatakan mundur dari jabatan khalifah setelah hanya kurang lebih tiga bulan memerintah dan .di hadapanpara tokoh istana,ia menyerahkan jabatannya.Para pemuka istana dan tokoh keluarga Bani Umayyah memintanya untuk menunjuk seorang pengganti.Namun,cucu pendiri Daulah Umayyah itu dengan tegas menjawab,“Aku bukan seperti Abu Bakar yang mampu menunjuk seorang pengganti.Aku belum menemukan seorang pun di antara kalian yang mempunyai keutamaan seperti Umar bin Al-Khathab.Aku juga bukan seperti Umar yang bisa menunjuk Ahli Syura.Kalian lebih tahu dan pilihlah orang yang kalian kehendaki.

Sejak saat itu,Muawiyah bin Yazid menyerahkan hidupnya hanya untuk beribadah dengan uzlah (mengasingkan diri).Menjelang pengujung tahun 64 H/684 Masehi,ia meninggal dunia dalam usia masih 23 tahun.Ada yang mengatakan kematiannya tidak wajar,ia dibunuh secara diam-diam.Sepeninggalanya,terjadi perpecahan di wilayah Syam (Syria dan Palestina).Satu pihak cenderung mengikuti pendirian penduduk Hijaz untuk mengangkat baiat atas Abdullah bin Zubair yang berkedudukan di Makkah.Apalagi penduduk wilayah Irak dan Iran telah menyatakan baiat.Abdullah bin Ziyad yang menjabat gubernur wilayah itu buru-buru melarikan diri keSyria untuk meminta perlindungan dari para tokoh Bani Umayyah.Dengan demikian,wilayah kekuasaan Abdullah bin Zubair sudah meliputi Hijaz,Yaman,Irak dan Iran.

Sebuah perutusan yang berangkat dari Mesir ke Makkah membawa berita bahwa penduduk bumi Piramid itu pun menyatakan dukungan atas Abdullah bin Zubair.Sementara itu,perpecahan di wilayah Syam semakin tajam.Pihak yang mendukung Abdullah bin Zubair dipimpin oleh Dhahak bin Qais.Sedangkan di belahan utara wilayah Syam,tepatnya di kota Hims dan Halab,gerakan pendukung Abdullah dipimpin Nu’man bin Basyir Al-Anshari.Gerakan ini semakin meluas sehingga hampir mampu menguasai istana yang sedang kritis.Oleh sebab itu,kalau Abdullah bin Zubair menerima tawaran Panglima Alhushain untuk berangkat ke Syria,tidak mustahil ia akan dibaiat oleh banyak orang.Apalagi dari sisi keturunan,ia termasuk keluarga dekat Rasulullah Saw.Namun sejarah tak menghendaki hal itu.Abdullah bin Zubair bersikeras menetap di wilayah Hijaz dengan segala dukungan penduduknya..Agaknya,apa yang menimpa Husain bin Ali bin Abi Thalib begitu membekas di benaknya

Setelah baca mohon klik gambar ini W3 Directory - the World Wide Web Directory
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

35 responses to "3.KHALIFAH MUAWIYAH BIN YAZID"

Kens Lorenzo on 01:37 AM, 03-Mar-13

pertamax sob,,
mantap

Rapik Mobile Blog on 03:05 AM, 03-Mar-13

waaaah jabatan kedudukan di oper2 yaaa..

budi santoso on 06:17 AM, 03-Mar-13

hadir sob
kunjungan pagi
dihari minggu ini
nyimak aja nih
jangan lupa kunbal

M Ikhsan on 06:46 AM, 03-Mar-13

Assalamu'alaikum wr wb
Kunjungan pagi shob menyimak sejarah Khalifah Muawiyah Bin Yazid...

AaL Javanescence on 07:00 AM, 03-Mar-13

kereeeeeeeeeeeeenn ....
* Met pagi lur ..
ane nyimak dulu yah , sekalian meramaikan blog sobat .. mrgreen

oia bila berkenan hadir ya di blog ane .. wink








http://alwasilah.net/

Alex AJJA PERSONAL BLOG on 07:07 AM, 03-Mar-13

Makasih dah ceritain ya sob
kalo sempet/ada waktu luang mampir ke arrowhttp://user-mwb.com/css-black-spix-design-by-alex-ajja.xhtml

elchamzah on 07:46 AM, 03-Mar-13

Mkasih kang ceritanya..

Dheby M Shadows on 07:59 AM, 03-Mar-13

Hadir sob jgn lupa kunbalnya biggrin

SUSU COKLAT on 08:01 AM, 03-Mar-13

hadir gan
Lanjut baca

GusNo Michael Sadham on 08:18 AM, 03-Mar-13

kunjungan ruting gan.

ghazaly x4 on 08:42 AM, 03-Mar-13

selalu terkeren dan biar cerita lama, tp selalu di update,
salut bnget sob ane, mampir ke blog qu ya

Fajarh007 on 09:29 AM, 03-Mar-13

Wah mantep nih postingan!makin hari makin mantap!biggrin
terima kasih sudah mau berbagibiggrin
Nb:jangan blokir saya ya dari ngasih komentar!cry
right-arrowNggak dikunbal tak mengapaleft-arrow cry

Rizky Bungul on 10:26 AM, 03-Mar-13

hadir sob,, sory telat,, izin nyimak

jgn lupa kunbalnya

http://tumbal.mywapblog.com/fairy-tail-171-subtittle-indonesia.xhtml

Zoelfy Mobile Blog on 10:58 AM, 03-Mar-13

Kunjungan siang gan...wink

Wuih mantap nih info'y...surprised

kalau berkenan kunbal ya karna ada New post...smile

Muharrudin on 12:02 PM, 03-Mar-13

. Kunjungan rutin sob..
. Kalau da waktu mampir yaa..


http://muharrudin.mywapblog.com/trick-xl-bebas-6-bulan.xhtml

riniwp on 12:29 PM, 03-Mar-13

Wa'alaikumsalam

makasih ceritanya meng inspirasi banget

Kidz on 12:29 PM, 03-Mar-13

kunjungan hari libur gan wink

abu hasan on 01:47 PM, 03-Mar-13

Mantap gan , ane tunggu yang berikutnya smile

kalo sempat mampir juga ya !
right-arrow http://abu91.mywapblog.com/kumpulan-situs-edit-foto-online-part-3.xhtml

ikoz on 02:10 PM, 03-Mar-13

kunjungan siang kang,hdr meramaikan aja.thankz

ALFARIZI BLOG on 03:00 PM, 03-Mar-13

Hadir


Kunjungi!
http://alfarizi.mywapblog.com | 083878860621

angthienyang on 03:11 PM, 03-Mar-13

hadir sobsmile
Ditunggu kunbalnyasmile
Http://angthienyang.mywapblog.com/pantangan-berzinah-bagi-kaum-istricerita-4.xhtml

Musttour on 04:24 PM, 03-Mar-13

Pelajaran wktu saya di mts nie sob

Edy setiawan on 07:15 PM, 03-Mar-13

Asik tambah lagi nih pengetahuan ane.

Bujank on 07:41 PM, 03-Mar-13

tak koment dulu baru baca sob.....kunjungan malam. dan selamat istirahat

http://bujank.mywapblog.com/cara-buat-bank-online-liberty-reserve-2.xhtml

Ahmad fa3esaL on 09:46 PM, 03-Mar-13

Kunjunga perdana gan. . . .

Ditunggu kunbal'a. . . .

sPs buat agan dan semua. . . . .

(salam Persahabatan slalu)

Ahmad fa3esaL on 09:47 PM, 03-Mar-13

Kunjunga perdana gan. . . .

Ditunggu kunbal'a. . . .

sPs buat agan dan semua. . . . .

(salam Persahabatan slalu)

Zhaoldyeck on 10:46 PM, 03-Mar-13

Maaf telah hadir gan. Sibuk didunia nyata. Jgn lupa main ke blog saya karna ada new post

http://dedekzhaoldyeck.heck.in/hunter-x-hunter-episode-69-subtitle-indo.xhtml

Reiza Muzayy on 02:33 AM, 04-Mar-13

kunjungan dini hari sob sekaligus silaturahmi, biggrinsmile

Pack Lex on 03:15 AM, 04-Mar-13

Nyimak terus artikel islaminya smile

Ije Jela Marabahan on 04:55 AM, 04-Mar-13

Kayanya Mantap Nih

Muhammad Haikal on 06:59 AM, 04-Mar-13

di pagi hari ini gua sempatkan ke blog teman, mumpung belum belajar...

mampir lagi ya diblogku, ada yang baru..! Dikomen ya....

maaf ini hanya copas,
soalnya takut guru buruan datang..

jangan lupa datang ya..... & dikomen

Agus Prayitno on 07:39 AM, 04-Mar-13

baru tahu sy sob dg khalifah muawiyah... biggrin

PAPA REYHANZ on 08:00 AM, 04-Mar-13

biografi nya tersusun rapi , mantap yo utk post khalifah nya,,,,, masih trs nyimak nih yo,

Mampir yo, ada nasi goreng special

takachy mercy on 09:20 AM, 04-Mar-13

nice post

kang oemar on 10:23 AM, 04-Mar-13

hadir telat gan, c0z sibuk syuting..
Hehe

#bohong biggrin

Kunbal y

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

Please Sign In to comment

 
Back to Top